Jumat, 23 Desember 2011

Teman yang berbahagia, kali ini ane mau posting tentang golongan manusia menurut Imam Al-Ghozali.
Yang mana menurut Imam Al-Ghozali ada 4 golongan orang yang berilmu yaitu:

1. Orang Berilmu dan Dirinya Tahu
Golongan manusia seperti ini adalah mereka yang sangat dirindukan kehadirannya. Suatu keberkahan bagi orang-orang sekelilingnya. Seperti mata air yang mengalir di tengah gurun yang terik dan panas mencekik. Mereka orang-orang yang mengamalkan ilmunya dan sangatr dekatdengan Tuhannya. Lifemaking sangat melekat dengan mereka dengan segenap kemampuan untuk mengubah menusia menjadi lebih baik. Mereka tidaklah begitu banyak tapi kehadiran mereka menjadi nyawa bagi kehidupan umat manusia lainnya.

2. Orang Berilmu, Tetapi Tidak Tahu Bahwa Dirinya Berilmu
Golongan manusia seperti ini adalah mereka yang terlelap dengan dirinya. Tidak menyadari potensi dirinya. Mereka punya ilmu tapi tidak tahu memanfaatkannya. Tugas kita yang berada di samping mereka untuk sekedar menyentuh alam sadarnya. Menyadarkan mereka terhadap segala potensi yang mereka miliki yang belum tentu kita juga memilikinya. Berdaya guna tapi tidak bisa digunakan karena masih di luar kesadaran. Semoga mereka cepat sadar dengan potensi yang mereka miliki.



3. Orang Yang Tidak Berilmu, Tapi Dia Tahu Bahwa Dirinya Tidak Tahu
Nahh ini dia… Tahu diri namanya. Mereka tahu dengan segala kekurangan yang mereka miliki dan menempatkan diri sesuai dengan kemampuan mereka. Mereka adalah golongan orang yang maubelajar dan terus belajar untuk memperbaiki diri sendiri. Meskipun tergolong baik, tapi ini bukan tipe manusia yang bisa membuat perubahan nyata bagi lingkungannya. Sebab, tanpa ilmu pengetahuan yang cukup, maka manusia tidak bisa berinovasi. Inovasi butuh ilmu, maka disinilah peran orang yang berilmu merangkul dan mengajak mereka untuk berilmu. Mereka tidak akan menjadi penghalang sebuah proses perubahan kearah yang lebih baik.

4. Orang Yang Tidak Berilmu Kalau Dirinya Tidak Berilmu
Inilah jenis manusia sok tahu dan berilmu. Manusia yang tidak tahu diri kalau dirinya adalah manusia yang tidak berguna. Golongan manusia seperti ini sangat sulit mendengarorang lain karena merasa dirinyalah yang paling tahu. Padahal kenyataannya mereka sama sekali tidak tahu apa-apa. Inilah golongan yang membawa kerusakan dalam masyarakat karena rasa bangga dengan rasa tahunya (padahal tidak tahu). Mereka suka berdebat sampai menimbulkan pertikaian karena tidak pernah menerima orang lain lebih tahu. Kita harus menjahui orang yang semacam ini karena bisa menyesatkan, cukup tahu saja dengan orang semacam ini. Merekalah orangorang yang sesat dan akan menyesatkan. (Semoga kita jauh dari sifat ini).

Itulah teman, dari materi diatas ada satu pertanyaan yang harus dijawab oleh diri kita, yaitu:
Termasuk Golongan manakah kita ini..??

Semoga bermanfaat.:-)

0 komentar:

Popular Posts

Labels

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers